Inisiatif Global Keterlibatan Laut Komunitas


Yayasan Samudera Inisiatif Global Keterlibatan Komunitas Laut (COEGI) didedikasikan untuk mendukung pengembangan pemimpin komunitas pendidikan kelautan dan memberdayakan siswa dari segala usia untuk menerjemahkan literasi laut ke dalam tindakan konservasi. 

Visi kami adalah menciptakan akses yang setara ke program dan karir pendidikan kelautan di seluruh dunia.

Jika lebih banyak pendidik kelautan dilatih untuk mengajar orang-orang dari segala usia tentang pengaruh laut terhadap kita dan pengaruh kita terhadap laut – dan dengan cara yang secara efektif menginspirasi tindakan individu – maka masyarakat secara keseluruhan akan lebih siap untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang melindungi kesehatan laut. 

Kami Filsafat

Kita semua bisa membuat perbedaan. Literasi laut memberi kita pengetahuan untuk melindungi, melestarikan, dan memulihkan kesehatan laut.

Masing-masing dari kita memiliki peran untuk dimainkan. 

Langkah pertama kami adalah memastikan bahwa komunitas pendidikan kelautan mencerminkan beragam perspektif, nilai, suara, dan budaya pesisir dan laut yang ada di seluruh dunia. Mereka yang secara tradisional dikecualikan dari pendidikan kelautan sebagai jalur karir – atau dari ilmu kelautan secara umum – membutuhkan akses ke jaringan, peningkatan kapasitas, dan peluang karir di bidang ini. Ini membutuhkan penjangkauan, mendengarkan, dan melibatkan beragam individu secara proaktif baik di dalam maupun di luar bidang literasi kelautan.

Foto milik Pusat Penemuan Pantai Hidup

Literasi Kelautan: anak-anak duduk melingkar di luar dekat pantai

Agar generasi berikutnya dapat mengelola dampak perubahan laut dan iklim, mereka membutuhkan lebih dari sekadar pendidikan dan pelatihan dasar. Pendidik harus dilengkapi dengan alat ilmu perilaku dan komunikasi strategis untuk memengaruhi pengambilan keputusan dan kebiasaan yang mendukung kesehatan laut. Yang terpenting, khalayak dari segala usia perlu diberdayakan untuk mengambil pendekatan kreatif dalam aksi konservasi. Jika kita semua membuat perubahan kecil dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dapat melihat perubahan yang sangat besar.


Pendekatan kami

Pendidik kelautan dapat membantu mengembangkan lebih banyak orang yang melek laut. Namun, solusinya tidak sesederhana sekedar memahami lebih jauh tentang hubungan kita dengan lautan. Kami membutuhkan audiens untuk terinspirasi untuk menggabungkan tindakan konservasi dari mana pun mereka duduk dengan mengalihkan fokus kami ke arah optimisme dan perubahan perilaku. Literasi laut harus dapat diakses oleh semua orang.


Pekerjaan kita

Untuk memberikan pelatihan pendidikan yang paling efektif, COEGI:

Bekerja dengan pendidik dan tokoh masyarakat

untuk memasukkan unsur-unsur kunci literasi laut ke dalam kurikulum, instalasi, atau program mereka yang ada, dengan penekanan pada tindakan individu untuk memecahkan masalah konservasi lokal. Peserta, terutama calon pendidik kelautan dan karir awal, dilatih untuk memberikan pelajaran yang efektif dan berorientasi pada tindakan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik audiens target mereka, yang mungkin termasuk: Siswa K-12, Anggota Komunitas, Penggemar Luar Ruang, Turis, Relawan , dan Masyarakat Umum.

Siapakah Pendidik Kelautan?

Pendidik kelautan bekerja dalam berbagai cara kreatif untuk mengajarkan literasi laut. Mereka bisa menjadi guru kelas K-12, pendidik informal (pendidik yang menyampaikan pelajaran di luar ruang kelas tradisional, seperti di luar ruangan, pusat komunitas, atau lainnya), profesor universitas, atau ilmuwan. Metode mereka mungkin termasuk instruksi kelas, kegiatan di luar ruangan, pembelajaran virtual, presentasi pameran, dan banyak lagi. Pendidik kelautan memainkan peran penting dalam membantu memajukan pemahaman global dan perlindungan ekosistem laut.

Literasi Kelautan: Gadis muda tersenyum mengenakan topi hiu

Membangun hubungan yang langgeng

antara pendidik dari berbagai daerah dan lintas disiplin ilmu. Pendekatan pembangunan komunitas ini membantu peserta membangun jaringan untuk membuka pintu bagi pendanaan, kesempatan kerja, dan pertumbuhan profesional.

Foto milik Anna Mar / Ocean Connectors

Melatih dan Memberdayakan Individu

yang biasanya kurang terwakili di bidang pendidikan kelautan, untuk menciptakan peluang bagi jalur karir yang mungkin belum pernah mereka pertimbangkan sebelumnya.

Di tahun-tahun mendatang, kami juga berusaha untuk mempengaruhi penciptaan lapangan kerja dan persiapan dengan menyelenggarakan lokakarya, memperkenalkan “lulusan” COEGI ke jaringan global kami, dan mendanai proyek pendidikan berbasis komunitas, memungkinkan peserta pelatihan kami menyebarkan literasi kelautan lebih jauh.

Wanita menulis di buku catatan

Sebagai yayasan komunitas, kami mengembangkan jaringan dan menyatukan orang. Ini dimulai dengan membiarkan komunitas untuk menentukan dan mendikte kebutuhan lokal mereka dan jalan mereka sendiri untuk melakukan perubahan. COEGI merekrut mentor dari berbagai populasi untuk dicocokkan dengan mentee kami dan membangun komunitas praktisi literasi laut yang berbagi informasi dan pelajaran yang dipetik di seluruh karier.


The Bigger Picture

Salah satu hambatan paling signifikan untuk kemajuan di sektor konservasi laut adalah kurangnya pemahaman yang nyata tentang pentingnya, kerentanan, dan konektivitas sistem laut. Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat tidak dilengkapi dengan pengetahuan yang baik tentang masalah laut, dan akses ke literasi laut sebagai bidang studi dan jalur karir yang layak secara historis tidak merata. 

COEGI adalah bagian dari kontribusi The Ocean Foundation untuk komunitas global yang lebih besar dari orang-orang yang bekerja untuk mendidik dan mempromosikan tindakan untuk kesehatan laut. Hubungan yang mendalam dan langgeng yang dikembangkan melalui inisiatif ini akan secara unik memposisikan peserta COEGI untuk mengejar karir pendidikan kelautan yang sukses, dan akan berkontribusi untuk menjadikan keseluruhan bidang konservasi laut lebih adil dan efektif di tahun-tahun mendatang.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang COEGI, daftar ke buletin kami dan centang kotak “Literasi Laut”:


Sumber

Wanita tersenyum keras di pantai

Perangkat Aksi Laut Pemuda

Kekuatan Aksi Komunitas

Dengan dukungan dari National Geographic, kami berkolaborasi dengan para profesional muda dari tujuh negara untuk mengembangkan Youth Ocean Action Toolkit. Dibuat oleh anak muda, untuk anak muda, toolkit ini berisi cerita tentang Kawasan Konservasi Laut di seluruh dunia. 

BACA LEBIH BANYAK

Literasi laut dan perubahan perilaku konservasi: dua orang berkano di danau

Literasi Kelautan dan Perubahan Perilaku

Halaman Penelitian

Halaman penelitian literasi laut kami memberikan data dan tren terkini terkait literasi laut dan perubahan perilaku serta mengidentifikasi celah yang dapat kami isi dengan COEGI.

LEBIH BANYAK SUMBER DAYA

Hasil Penilaian Pendidik Kelautan | Pengembangan Kapasitas | PERGI | Pier2Peer | Semua Inisiatif

TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN TERKAIT (SDGs)

4: Pendidikan Berkualitas. 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. 10: Mengurangi Ketidaksetaraan. 14: Kehidupan Di Bawah Air.